Cara Terbaik Mencuci Wajah dengan Benar

Mencuci wajah Anda termasuk kegiatan yang mudah dilakukan. Kegiatan ini dilakukan setiap hari, sebelum dan setelah aktivitas. Caranya sangat sederhana, dengan mencuci wajah dengan air, menggunakan sabun, kemudian bilas dan keringkan. Namun, apakah itu langkah yang tepat?
Mencuci Wajah dengan Benar
Mencuci Wajah dengan Benar
Dr. Jeannette Graf, M.D, seorang ahli kecantikan kulit dari Mount Sinai Medical Center, New York, mengatakan bahwa mencuci muka bukan hanya membasuhnya saja.
Kotoran yang menempel di wajah Anda pasti perlu dibersihkan secara teratur. Lakukan dengan benar untuk menghindari masalah yang dapat muncul pada kulit Anda. Berikut adalah tips mencuci wajah Anda dengan sabun yang harus dilakukan.
Tips Mencuci Wajah dengan Benar

1. jangan Memakai Sabun batang

sebagian besar sabun batangan, tidak biasanya mengandung cukup pelembab untuk kulit wajah Anda. Pemakaian sabun wajah yang tidak mengandung pelembab dapat membuat kulit Anda kering. Jika Anda terpaksa untuk dan ingin menggunakan sabun batangan, pastikan ada kandungan pelembab di sabun.

2. Pilih pembersih yang benar

Sebelum Anda membeli sabun, memilih terlebih dahulu sabun yang Anda beli. Pastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap formula tertentu. Dan jika ada, mempertimbangkan lebih teliti formula sabun. Memilih sabun yang tidak membuat Alergi kulit Anda.
Silahkan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit, mulai dari kulit kering, berminyak, atau normal. Cobalah untuk menggunakan sabun dengan pH seimbang. Dr Graf juga menyarankan menggunakan gel sabun. Penggunaan sabun batang akan membuat kulit menjadi kering.

3. Bersihkan secara merata

Pastikan wajah Anda dibersihkan secara merata. Tidak hanya fokus pada daerah wajah saja, seperti pipi atau dahi. Seluruh permukaan wajah memerlukan perhatian yang sama.
Dalam menggunakan sabun, perhatikan bahwa Anda tidak dapat hanya mengusapkan sabun pada wajah. Gosokkan sabun pada bagian wajah dari wajah Anda secara halus dan merata sampai berbusa sehingga semua kotoran di kulit dapat diangkat sepenuhnya.

4. Pastikan tangan Anda bersih

Sebelum Anda mulai untuk membersihkan muka Anda, mencuci tangan dulu. Dr Graf mengatakan bahwa masih ada banyak orang yang tidak melakukan hal ini. Jadi, pastikan tangan Anda bersih, dan kemudian mencuci wajah Anda.

5. Handuk Pengering

Setelah mencuci wajah, wajah harus dikeringkan dengan handuk. Tetapi, pastikan bahwa handuk selalu bersih. Mencuci atau mengganti handuk kering wajah rutin. Sia-sia hasilnya jika wajah Anda bersih, tetapi kemudian dikeringkan dengan handuk kotor. Selain itu, jangan campur dengan handuk tubuh handuk untuk wajah Anda.

6. Gunakan air hangat

Mencuci muka dengan air hangat akan membuat kulit terhidrasi. Dengan air hangat, hasil terbaik setelah mencuci muka akan lebih terlihat.

7. mengurangi Scrub

Banyak orang yang menggunakan sabun cuci muka dengan kandungan scrub berharap hasilnya akan bersih. Namun, dr. Graf memperingatkan bahwa scrub justru akan merukan kulit. Sabun gel normal adalah yang paling aman. Jika memang ingin ada kandungan scrub, pastikan untuk scrub tekstur lembut.

8. cuci wajah dua kali sehari

Dr Graf menyarankan untuk mencuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari, saat pagi ketika mandi dan ketika akan tidur. Pagi hari untuk menghilangkan kotoran saat Anda sedang tertidur dan malam membersihkan wajah dari kotoran setelah kegiatan.

Cara Mencuci muka dengan baik

1. Cuci wajah Anda setelah mandi, karena ini akan membantu membersihkan wajah sisa sisa sabun dan sampo.
2. air panas membuka pori-pori di wajah Anda. Jika Anda pori-pori wajah diperbesar, maka wajah Anda akan menjadi lebih berminyak.
3. setelah mencuci wajah Anda dengan sabun, bilas wajah Anda dengan air, keringkanlah bersih wajah dengan menggunakan handuk dari halus. Jangan begitu keras menggosok wajah dengan handuk.